IMM Faperta lakukan Baksos ke anak jalanan dan Panti Asuhan

Written by Akmal on .

Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Pertanian (PK-IMM Faperta) Universitas Muhammadiyah Sumatra utara (UMSU) melakukan Bakti Sosial (Baksos) kepada anak-anak jalanan dan Panti Asuhan Putra Muhammadiyah, Jl. Kemasyarakatan Helpetia, Minggu (20/4).


David Syukur Sijabat, Ketua Panitia Baksos, mengatakan kegiatan Baksos tersebut sebagai bentuk kepedulian dan keaktifan IMM Faperta. “kita melakukan ini untuk menunjukkan rasa kepedulian kita kepada saudara-saudara kita yang sangat kekurangan, jangan hanya di dalam kampus saja kita aktif di luar juga kita harus menunjukkan bahwa kita juga peduli kepada mereka,” katanya.

Ia juga mengatakan Kegiatan ini dilakuka dengan membagikan nasi bungkus kepada anak jalanan, pengemis, dan para tukang becak yang di dapati di pinggiran jalan. “Kita membagikan nasi bungkus kepada pengemis-pengemis dan pengamen yang ada di jalanan. Kita mulai bergerak dari wilayah Brayan sampai ke jalan Sisinga Mangaraja (SM. Raja), dan kita juga membagikan nasi ini kepada tukang becak,” katanya.

Ia juga menambahkan selain membagikan nasi bungkus ke anak jalan dan pengemis, ia juga membagi-bagikan beras dan alat tulis kepada pihak Panti Asuhan Putra Muhammadiyah. “Disana kita membagikan buku tulis, pulpen dan beberapa karung beras supaya kita dapat mengurangi beban anak-anak panti,” tambahnya.

Budiman, S.Pd, selaku pimpinan Panti Asuhan Putra Muhammadiyah mengungkapkan terimakasihnya kepada IMM Faperta atas Kepeduliannya terhadap panti asuhan Putra Muhammadiyah.“Kami sangat berterima kasih kepada PK-IMM Faperta atas kepedulian kepada anak-anak yang ada dipanti asuhan Putra Muhammadiyah, semoga apa yang telah di berikan menjadi berkah buat kami dan mendapat balasan dari ALLAH SWT,” ungkapnya.

Peringati Hari Bumi, Mapala Lestarikan Bumi

Written by Tia, Ika on .

UMSU,teropongumsu.com - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Memperingatan hari Bumi pada tanggal 22 April dengan menanam dan merawat pohon.


Dalam memperingati hari Bumi Mapala lakukan penanaman pohon, pencabutan paku dan pembersihan spanduk serta aksi teatrikal yang menyuarakan tentang pelestarian bumi. Dalam rangka mengembalikan kesadaran mahasiswa maupun kalangan yang ada di UMSU tentang perlunya perawaatan bumi. “Mengingat bumi saat ini sudah tua dan sudah sangat rusak jadi di sini kita melakukan suatu aksi yaitu upaya untuk pelestarian bumi,” kata Irfan Ketua Mapala UMSU, saat diwawancarai di Sekretariat Mapala, Selasa (22/4).

Irfan juga mengatakan dalam kegiatan penanaman pohon ini juga melibatkan Melibatkan Mahasiswa UMSU. “Penanaman pohon tidak hanya dilakukan oleh seluruh anggota mapala tetapi juga melibatkan mahasiswa UMSU. Pada penanaman kita sudah mencoba melibatkan mahasiswa-mahasiswa kampus agar mereka mempunyai rasa tanggung jawab untuk melindungi dan melestarikan pohon tadi. Jadi semua bisa merawat bukan hanya tugas dari kita mapala saja,” katanya.

Selanjutnya, aksi cabut paku dan pembersihan spanduk. Seperti yang kita ketahui paku-paku dan spanduk yang menempel pada pohon dapat memperlambat perkembangan bahkan merusak dan mengakibatkan pohon itu mati. “Kita Ibaratkan seperti manusia sendiri, apabila diikat dan di paku maka kita akan merasa tersiksa, itu lah yang dirasakan pohon itu sendiri, akan tetapi karena pohon itu tidak bisa bicara jadi kita lah yang harus mengerti,”lanjutnya.

Selain itu, Ia juga menambahkan setelah lakukan penanaman pohon di sekitaran UMSU, pencabutan paku dan pembersihan spanduk di pohon, selanjutnya kita lakukan Aksi teatrikal. “Kalau aksi teatrikal dilakukan dari kampus ke jalanan dan kembali lagi ke Kampus,” tambahnya.

Ia berharap dari aksi-aksi yang dilakukan dapat menyadarkan khalayak umum untuk perlunya merawat bumi. “Seperti yang kita ketahui banyak upaya untuk pelestarian bumi, yang kita lakukan tadi itu usaha mengkampanyekan pentingnya perawatan untuk bumi,” tambahnya.

Peringati Hari Kartini, Mapala UMSU Lakukan Pendakian

Written by Chintia Dewi Sukri on .

UMSU,teropongumsu.com - Anggota Putri Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) memperingati Hari Kartini dengan melakukan upacara di Puncak Gunung Sibayak, Minggu (20/4).


Unit Kegiatan Mahasiswa MAPALA UMSU memperingati Hari Kartini dengan melakukan upacara Kartini di Puncak Gunung Sibayak. Shinta Ayu Wedhari, selaku Koordinator Team mengatakan Mapala UMSU mengirimkan 11 Anggota Putri dari berbagai angkatan untuk melakukan upacara peringatan Hari Kartini. “Kegiatan ini dilaksanakan khusus untuk anggota putri,” katanyanya.

Shinta juga mengungkapkan kegiatan peringatan hari Kartini ini berlangsung pada 19 sampai 20 April. Pendakian dilaksanakan dengan menggunakan kostum wajib kebaya pada saat upacara. Adapun tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mengenang kembali perjuangan R.A. Kartini yang memperjuangkan pendidikan bagi wanita. “Jadi, kami ilustrasikan perjuangan beliau lewat pendakian ini,” ungkapnya.

Kontributor dari Trans TV, Ayat Sudrajat Hasibuan beserta reporter dari NET TV juga turut meliput kegiatan kali ini dan disiarkan di stasiun televisi Trans TV, Metro TV dan Net TV.

Selain itu Sri Wulandari, Salah satu anggota team Mapala, menambahkan bahwa kebersamaan pada saat mendaki dengan menggunakan kostum kebaya merupakan hal yang sangat berkesan pada pendakian kali ini. “Kegiatan ini semoga tidak hanya kali ini saja dalam peringatan hari kartini, tetapi juga dapat terus berlanjut untuk tahun berikutnya,” tambahnyanya.

Kerjasama UMSU dan BRI

Written by Nuriandika Fadila on .

UMSU,teropongumsu.com - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) akan bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam pembuatan rekening mahasiswa penerima beasiswa tahun 2014. Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor UMSU di ruangan Biro Administrasi Umum (BAUM), Jumat (4/4).


Pihak rektorat akan mengumpulkan mahasiswa penerima beasiswa yang lulus seleksi di Fakultas untuk mendapat sosialisasi pembuatan rekening BRI. Pemakaian BRI sebagai rekening bukan permintaan Universitas, melainkan saran dari Kordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah I Sumaera Utara.

“Kopertis menyarankan rekeningnya itu BRI. Terpaksa nanti kita undang kawan-kawan kita yang sudah dinyatakan lulus dari Fakultas itu, kita jumpakan dengan BRI untuk membuka rekening. Yang sudah lulus dari Fakultas memenuhi foto copy KTP, nama ibu dan nomor HP yang bersangkutan,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan total penerima beasiswa di UMSU untuk tahun 2014 sebanyak 235. Jumlah tersebut dibagi menjadi dua jenis beasiswa, Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) 100 penerima dan Bantuan Biaya Pendidikan (BBP) sebanyak 135 penerima. Jumlah tersebut disebar ke delapan Fakultas.

Milad BARMAS ke-16 untuk Nuansa Nurani

Written by Vanni, Mikrayana on .

UMSU,teropongumsu.com – Barisan Mahasiswa (BARMAS) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) adakan acara Milad ke-16 dengan tema “Refleksi hari lahir Barmas semoga tetap digariskan perjuangan rakyat” di pendopo Hukum UMSU. Acara ini dibarengi dengan pelantikan kepengurusan BARMAS periode 2014/2015.


“Selain acara Milad ini nantinya, akan ada pelantikan kepengurus lama kepengurus baru, dan juga ada pemutaran film selama satu priode kepengurusan sebelumnya.” ungkap Ramadhan Pambudi Ketua Dewan Pimpinan Universitas (DPU) saat di wawancarai, Selasa (1/4).

Ia juga menambahkan untuk kedepannya Barmas tetap berjuang dengan hati nurani di garis-garis perjuangan rakyat sesuai visi misi terdahulu. “Dari dulu Barmas gak pernah muluk-muluk, memang tetap dengan tujuan mencerdaskan rakyat dengan tujuan memberikan nuansa-nuansa nurani.” tambahnya.

Selain itu Ketua panitia Muhammad Hayub menjelaskan tujuan acara Milad ini, agar teman-teman yang baru bergabung bergerak dan berjuang untuk rakyat. “Sehingga hati nurani mereka bergerak kalau Barmas tidak seperti itu saja, ada kegiatan, sehingga kami membuat tema seperti itu menunjukkan bahwasannya kita berjuang untuk hati nurani dan untuk rakyat.” jelasnya.

Ia berharap agar DPU yang baru lebih maju untuk membuat Barmas lebih aktif lagi. “Mungkin kalau masalah DPU yang baru untuk lebih maju lagi, melihat kebawah dan melihat adik-adiknya yang kurang aktif biar lebih aktif lagi sampai selesai.” harapnya.

PK-IMM Ekonomi Laksanakan Economic Days

Written by Kusmawati on .

UMSU,teropongumsu.com – Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK-IMM) Fakultas Ekonomi (Fekon) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) adakan seminar laporan keuangan, sebagai bentuk pertimbangan dalam mengasa wawasan dan sebagai persiapan kelulusan dalam uji kompetensi, Selasa (1/4).


“Mengingat tentang kelangsungan persaingan berkembangnya jaman, dan melihat akan di adakannya uji kompetensi untuk bukti kelulusan, selain itu dengan adanya seminar tersebut dapat membuka wawasan dalam bidang Akuntansi,” ungkap Agus Sani selaku Ketua Panitia Economic Days.

Selain itu ia juga mengatakan dalam Economic Days akan berlangsung dua hari. Hari pertama diisi seminar tentang laporan keuangan akuntansi. “Acara ini akan berlangsung selama dua hari, hari pertama ini yang di isi dengan seminar, dengan pemateri ibu Elizar sinambela SE, M.Si dan ibu Fitriani Saragih SE, M.Si, yang merupakan Dosen UMSU, acara ini membahas tentang konsep-konsep laporan keuangan akuntansi yang dilakukan oleh akuntan,” katanya.

Ia juga menambahkan di hari kedua akan di adakan Olimpiade untuk khusus Fekon, dan Fekon yang ada di Universitas lain. “Acara ini akan berakhir besok, jadi kami besok akan mengadakan olimpiade untuk jurusan ekonomi seperti Akuntansi, Manajemen, Pemasaran, IESP, ataupun untuk semua Program ekonomi pada jurusan Ekonomi, dan tidak menutup kemungkinan acara ini terbuka juga untuk umum, tambahnya,” tambahnya.

Ia berharap agar semua mahasiswa yang mengikuti seminar dapat mewujudkan ilmu yang didapat dalam kehidupan sehari-hari serta dapat bermanfaat dalam dunia kerja. “Harapan saya agar ini semua dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari ataupun dapat bermanfaatkan dibidang dunia kerja dalam kemampuannya sebagai seorang akuntan yang berkompeten,” harapnya.

Tax Center Permudah Bayar Pajak Secara Online

Written by Kusmawati on .

UMSU,teropongumsu.com - Tax Cente merupakan pusat pengurusan Surat Pemberitahuan (SPT) dalam perantaraan dari pemerintah bagi masyarakat agar mempermudah masyarakat luas dalam pembayaran pajak yang telah ditentukan ataupun yang telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memenuhi kewajibanya sebagai warga negara Indonesia yang baik, Kamis (27/3).


“Tujuan dari Tax center sendiri untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan SPT dan pembayaran kewajiaban pajak yang dilakukan dengan cara online,” ungkap Jasman Syarifuddin Hasibuan, S.E., M.Si. Ketua Prodi Pajak Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Ia juga menjelasskan Tax center terbuka untuk umum dan diresmikan tanggal 24 Februari 2014, bertempat di Fakultas Ekonomi UMSU, dan beberapa Universitas di Kota Medan. “Tax center sendiri bukan hanya ada di UMSU saja tetapi juga ada di lima Universitas lainnya di Medan seperti USU, Harapan, STIE, STINDO dan UMSU. Selain itu Tax Center terbuka untuk umum dan diresmikan pada tanggal 24 Februari 2014 oleh Kanwil Pajak, serta disaksikan oleh Rektor UMSU serta jajarannya,” jelasnya.

Selain itu ia menambahkan Tax center disosialisasikan dengan 3 cara, dan Tax center sendiri bisa dijadikan tempat latihan untuk mahasiswa perpajakan. “Tax center disosialisasikan dengan tiga cara yaitu mengadakan seminar, melakukan go to scool, dan mengadakan lomba per lomba untuk semua kegiatan. Selain itu Tax Center dapat dimanfaatkan menjadi tempat latihan bagi mahasiswa fakultas perpajakan agar mereka mengetahui dari sekarang tentang proses dan cara kerja dalam perpajakan tersebut,” tambahnya.

Ia berharap dengan adanya Tax center di UMSU dapat mempermudah masyarakat untuk memenuhi kewajibanya dalam membayar pajak. “Harapan saya agar masyarakat wajib pajak memenuhi kewajibannya untuk membayar pajak. Karena bagi yang sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) sudah berhak dan berkaitan dengan NPWP, tambahnya,” harapnya.

Marshanda Ajak Mahasiswa UMSU Cinta Budaya sendiri

Written by Ayu Widia on .

UMSU,teropongumsu.com - Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IMM-FKIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), mengadakan Talk Show Budaya dalam acara IMM Smart Sport and Art Competition (IMMSSAC) ke-4 dengan tema “Warisan Budaya sebagai Integral Masa Kini dan Masa Akan Datang”, di Auditorium UMSU, Selasa (25/3).


Jannatun Nisa perwakilan dari dinas pariwisata dan kebudayaan memaparkan sekilas apa itu definisi warisan budaya. “Warisan budaya adalah peninggalan generasi terdahulu yang sampai saat ini masih eksis kita gunakan kita nikmati dan akan kita teruskan pada generasi yang akan datang.” katanya.

Ia juga mengatakan untuk menjaga kelestarian budaya Indonesia dibutuhkan kesadaran diri sendiri. “Tugas melestarikan itu bukan hanya pemerintah tapi juga kesadaran pada diri kita sendiri. pemerintah disini berupaya untuk melestarikannya,” katanya.

Sebelum Marshanda melangkah ke materi ia menyampaikan sebuah mottonya untuk motivasi kita. “yang pertama, cinta itu bukan kata sifat tapi cinta adalah kata kerja. Kalo kita mau hidup penuh kesedihan penuh kekecewaan, penuh luka, penuh amarah, itu gampang gak usah pakai usaha juga udah jadi.

Sementara itu Marshanda menilai dengan kemajuan teknologi saat ini sudah mempermudah setiap orang untuk menyebarkan kebudayaannya (khususnya Indonesia). “Sangat pesat melihat teknologi yang udah ada jadi sarana untuk menyebarkan budayaan dan untuk mensanding ulang budaya itu udah banyak banget,” katanya.

Marshanda menambahkan Positif negatifnya masuknya budaya Negara luar dengan budaya kita itu sama aja dengan kebudayaan erat dengan Nasionalisme. “Setidaknya kita punya alasan yang kuat untuk bangga dengan kebudayaan kita karena kita pegang teguh itu dalam bentuk apapun,” tambahnya.

Selain itu ia juga memberi motifasi agar hidup kita bahagia, kita membutuhkan usaha dan kemauan dari dalam diri sendiri untuk mendapatkannya. “Tapi kalo kita mau hidup bahagia penuh cinta penuh energy yang positif itu perlu kerja keras pake usaha pasti kita bisa. Dan perubahan positif dalam hidup kita itu bukan butuh waktu supaya bisa terjadi. Melainkan kemauan dari hati sendiri untuk berubah jadi orang yang lebih baik,” ungkapnya.

Syahrul Amin z.d, Ketua Bidang Dakwah IMM-FKIP mengatakan sangat senang melihat antusiasme mahasiswa UMSU dengan kehadiran Marshanda dalam acara talk show ini. “Cukup luar biasa dan Marsandanya pun begitu ceria untuk melihat anak-anak UMSU, begitu pun anak-anak UMSU juga memberikan samabutan yang ceria terhadap kedatangan Marshanda.” katanya.

Ia juga berharap dengan kehadiran Marshanda dalam acara talk show budaya ini dapat member motivasi kepada mahasiswa UMSU untuk mencintai budaya dan bangga akan budaya sendiri. “Harapannya dengan kedatangan Marshanda di acara IMMSSAC ini dapat memotivasi seluruh mahasiswa UMSU yang hadir dalam seminar ini, agar terus melestarikan budaya seperti yang dipesankan Marshanda yaitu cintai budaya, baru kita bangga” harapnya.

Peran Penting Pendidik dalam Kemajuan Kebudayaan

Written by Wahyu Saddam Husin, Saputra on .

UMSU,teropongumsu.com - Peran guru terhadap pendidikan dan kebudayaaan harus ditingkatkan, dengan keamjuan teknologi peran guru atau calon guru dapat membimbing untuk memilih kebudayaan yang benar-benar di Indonesia, Selasa (25/3).


Andriani Marshanda mengatakan dalam kemajuan teknologi saat ini, sangat dibutuhkannya peran para pendidik (guru dan dosen) untuk membimbing generasi muda ini agar dapat memfilter mana yang baik dan buruk sesuai dengan kebudayaan Indonesia. “Bagaimana para pelaku-pelaku pendidik untuk bisa mengajak para anak-anak masih belajar dari SD,SMP,SMA Sampai Kuliah untuk bisa memilah-milah supaya bisa memfilter sesuai dengan kebudayaan Indonesia,” katanya saat dijumpai seusai mengisi acara di UMSU.

ia juga mengungkapkan seharusnya para pendidik lebih memperhatikan masalah-masalah yang terjadi pada siswanya dengan temanya, karena sangat berpengaruh kepada psokologisnya. “Dulu waktu aku dibuli, mungkin pada saat itu guru-gurunya belum pada paham dan belum tahu bagaimana cara menghadapinya. Jadi tidak ada support dari guru-gurunya, bahkan ada guru-gurunya pada ikutan,” ungkapnyanya.

Selain itu Marshanda juga memberikan masukan kepada calon-calon guru untuk tidak hanya mengajarkan dan mengasuh kepada siswa-siswa agar yang diajarkan tidak hanya sebagai pengajaran biasa namun di terapkan. “Yang pasti penting untu calon guru-guru sebagai individu-indinidu yang tidak hanya mengajarkan dan mengasuh, dalam arti memberikan suatu pemahaman para anak-anak yang diajarkan guru nanti tidak hanya masuk kuping kanan keluar kuping kiri namun dapat diterapkan dalam kesehariannya,” tambahnya.

IMM-FKIP, IMMSSAC KE-4

Written by Wahyu Saddam Husin on .

UMSU,teropongumsu.com - Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IMM-FKIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), mengadakan pembukaan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Smart Sport and Art Competition (IMMSSAC) ke-4, di Auditorium UMSU Jl. Kapten Muchtar Basri, Senin (24/3).


Ketua Panitia (IMMSSAC), M. Hafiz dalam sambutannya menjelaskan kegiatan tahunan yang ke empat, yang diadakan Pimpinan Komisariat (PK IMM-FKIP UMSU) bertujuan untuk menjaga silaturahmi antar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) lainnya. “Kegiatan ini merupakan, kegiatan tahunan IMM-FKIP dan Alhamdulillah sudah yang ke empat kalinya kegiatan ini dilakukan, dan bertemakan IMM For Indonesia. Kegiatan ini sekaligus menjalin silaturahmi dengan UKM lainnya,” jelasnya.

Ia juga menambahkan kegiatan ini berlangsung selama satu minggu, dan akan ada banyak kegiatan dalam IMMSSAC ini. “Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama satu minggu dengan berbagai kegiatan-kegiatan yang di adakan seperti Futsal, Uji Kompetensi, Muslimah Award, Pop Singer, Chess Competition, MTQ, Kaligrafi, Bazar Competition dan Talk Show Budaya,” tambahnya.

Aidil Afriza Ketua Umum PK IMM-FKIP berharap agar peserta menjunjung tinggi sportifitas dalam mengikuti setiap kegiatan perlombaan yang berlangsung. “Saya berharap peserta IMMSSAC menjunjung tinggi sportifitas mengingat banyaknya peserta lomba,” harapnya saat memberikan kata sambutan.

Sementara itu, Dr. Agusani, M.AP, selaku Rektor UMSU, juga berharap agar kegiatan ini berdampak positif serta dapat menjalin silaturahim antar mahasiswa. “Kegiatan ini diharapkan berdampak positif bagi para mahasiswa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan serta dapat menjalin silaturrahim,” harapnya.

Mengulas Islam dalam Bedah Buku IMMVAG ke-3

Written by Ayu Widia, Kusmawati on .

UMSU,teropongumsu.com – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), adakan bedah buku oleh Qarim Nursena. Lc. Ma di Aula UMSU, dalam acara IMM Vaganza (IMMVAG) ke-3, Rabu (19/3).


Qosim Nursena. Lc. Ma, menjelaskan bahwa semua agama benar, akan tetapi memiliki sisi positif dan negatif. “Memang sekarang ini itu sekarang yang dipautkan atas nama Pluralisme agama, semua agama adalah sama, dan semua agama adalah benar dititikkan sesama liberal. Ada sisi negatifnya ada sisi positifnya. Semua menuju puncak yang sama, dan islam tetap bersatu pada pedomannya dan tidak terpengaruhi oleh agama lain,” jelasnya.

Selain itu, Rizky Ananda, sekertaris panitia IMMVAG, menjelaskan dalam bedah buku ini, akan mengulas tentang agama Islam oleh pemateri Ustajadz Qosim Nursena. Lc. Ma, dari pesantren Raudatul Hasanah. “Dalam buku yang berjudul “Pengaruh Kristen Oriental Terhadap Islam Liberal”, akan membahas tentang agama islam yang terkontaminasi oleh islam liberial dan banyak agama islam yang telah dipengaruhi oleh non muslim,” jelasnya.

Ia juga mengatakan dalam acara bedah buku ini dihadiri kurang lebih 50 orang peserta, dan bedah buku ini bertujuan untuk menambah wawasan tentang Islam agar Islam itu bersatu. “Tujuan dari acara ini agar Islam tetap bersatu dalam bidang agama. Karena banyak di luaran sana umat Islam sudah terpengaruh oleh kalangan non muslim, dan dalam bedah buku ini dihadiri kurang lebih dari 50 peserta dari semua fakultas UMSU dan dari organisasi luar,” katanya.

Ia berharap agar umat Islam tidak gampang dipengaruhi oleh agama yang mengatassnamakan Islam. “harapannya yang pastinya supaya kita umat muslim yang mungkin kita masih awam tidak gampang untuk mengikuti peraturan-peraturan zionis, dan tidak mudah dipengaruhi oleh islam liberal seperti itu tadi,” harapnya.

 

 

 

Acara Puncak Civil Expo 2014

Written by Tia, Ryvanni on .

UMSU,teropongumsu.com - Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Fakultas Teknik (Fatek) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), mengadakan Gebyar Musik dalam Puncak Acara Civil Expo di lapangan parkir UMSU, Sabtu (15/3).


 

Ketua HMS, Rizal Gozali menjelaskan acara Civil Expo di adakan sejak tanggal 3-15 Maret dengan berbagai kegiatan yang Inovativ dan Kreatif. “Civil Expo dimulai dari tanggal 3-15 Maret dengan kegiatan Seminar Ilmiah, Kompetisi Maket, Kompetisi Rancang Bangun Autocat, Lomba Hitung Cepat dari kelas 3-5 SD, dan yang terakhir puncak acaranya Gebyar Musik dengan tema “Musik Rakyat” yang dimulai dari jam 09.00-18.00 WIB,” jelasnya.

 

Ia juga mengatakan suksesnya acara Civil Expo ini dilihat di akhir acaranya. “Puncaknya hari ini, suksesnya acara tergantung hari ini, ketika acara hari ini sukses maka berhasillah semua, tapi ketika acara hari ini gagal ya gagallah semuanya,” katanya.

 

Ia berharap Civil Expo selanjutnya bisa lebih kreatif, kritis, dan lebih ikut serta bergabung dengan organisasi, serta lebih mengikat silaturahmi dengan mahasiswa fakultas lain. “Mungkin hari ini silaturahmi kami berjalan dengan baik, ke depannya akan berjalan dengan lebih baik lagi,” harapnya.

 

Sementara itu, Eko Pambudi, Ketua Panitia Civil Expo, mengatakan selama ini teknik di UMSU selalu dipandang urakan, tapi dengan kegiatan Civil Expo ini, dengan tema “Membangun Serta Mengaplikasikan Bidang Keprofesian Demi Terwujudnya Teknik Sipil yang Kreatif, Inovatif dan Aktif” ini akan menunjukkan anak teknik ada yang kreatif, inovatif dan aktif. “Kreatifnya ini lah yang telah kami lakukan, inovatifnya kami telah membuat beberapa jembatan, dan aktifnya ya aktif dalam kepanitiaan,” katanya.

Ia juga berharapan kedepannya untuk Civil Expo bisa lebih baik lagi dan lebih menonjolkan ke teknik sipilannya. “Setelah acara ini dibahas kekurangan dari acara ini, akan dijadikan pelajaran bagi adik-adik yang akan mengadakan Civil Expo 2015. Jadi di Civil Expo 2015 nanti kami ingin lebih baik lagi, kami ingin menonjolkan ke teknik sipilannya, jadi lebih ke akademiknya,” harapnya.

 

 

 

 

IMMVAG ke-3 IMM FISIP

Written by Mikrayana on .

UMSU,teropongumsu.com - Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (IMM-FISIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), mengadakan pembukaan IMM Vaganza (IMMVAG) ke-3, di Auditorium UMSU, Senin (17/3).


Ketua Pimpinan Komisariat (PK-IMM FISIP), Aji Kesuma Nur dalam sambutannya, mengatakan kegiatan yang dilakukan setiap tahunnya ini bertujuan untuk mengembangkan bakat mahasiswa UMSU. “Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan IMM FISIP dan Alhamdulillah sudah yang ke tiga kalinya kegiatan ini dilakukan. Kegiatan ini bertujuan untuk menjadi agen pengembangan dari bakat-bakat mahasiswa UMSU, sekaligus menjalin silaturahmi dengan UKM lainnya,” katanya.

Ia juga mengungkapkan kegiatan ini berlangsung selama satu minggu, dan dalam seminggu ini akan banyak kegiatan dalam IMMVAG ini. “Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama satu minggu dengan berbagai kegiatan-kegiatan yang di adakan seperti Futsal, IMM idol, Catur, Rangking 1, Bazar buku, Bedah buku, Syahrir Qur’an dan Tenis Meja,” ungkapnya.

Kegiatan yang dibuka oleh Abdul Harahap, Ketua Umum Pimpinan Cabang (PC IMM Medan), ia berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan intelektualitas kader IMM dan mahasiswa UMSU lainnya.“Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pergerakan IMM baik itu di dalam maupun di luar Kampus. Akan tetapi tidak hanya pergerakan saja, semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan intelektualitas dari kader-kader IMM, dan juga mahasiswa UMSU,” harapnya.

Sementara itu, Arifin Gultom, SH, M.Hum, selaku Wakil Rektor III, juga berharap agar kegiatan ini berdampak positif bagi mahasiswa UMSU, dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Kegiatan ini diharapkan berdampak positif bagi para mahasiswa, karena sebenarnya kegiatan ini bukanlah wewenang dari IMM. Akan tetapi wewenang dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Kampus jadinya takut, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” harapnya.

Tuntut Fasilitas Kampus yang Lebih Baik

Written by Mara Fenci Lubis on .

UMSU,teropongumsu.com - Puluhan Mahasiswa yang mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (AMU UMSU) melakukan aksi di sekitar lingkungan Kampus. Dalam aksi, mereka menuntut sejumlah fasilitas dan kebutuhan mahasiswa agar diperhatikan, Senin (17/3).


Koordinator Aksi, Dinal mengatakan sejumlah fasilitas yang berada di UMSU sudah saatnya diperhatikan, mulai lahan parkir hingga ruang terbuka hijau bagi mahasiswa. “Lahan parkir seharusnya berada di luar lingkungan kampus bukannya berada di dalam kampus, nah ini akibatnya kalau lahan parkir di tarok di lingkungan kampus. Lahan hijau tidak ada, seharusnya lahan parkir itu bisa dijadikan tempat berdiskusi mahasiswa bukannya tempat parkir,” ujarnya.

Selain itu, mereka juga menuntut beberapa fasilitas yang harus diperhatikan yakni membangunan perpustakaan di setiap fakultas, meningkatkan kinerja pegawai disetiap birokrasi, menambahkan lahan parkir, transparansi beasiswa, menghapuskan pungutan liar dan trasnparansi Keuangan Rusunawa. “Perpustakaan kita kan Cuma satu, seharusnya di setiap Fakultas itu ada perpustakaannya, begitu juga dengan sistem birokrasi di UMSU ini jangan mahasiswa dipersulit,” ujarnya.
ia juga berharap agar semua tuntutan mereka agar dipenuhi dan diperhatikan oleh pihak Rektorat. “Kami meminta segala sesuatu dipermudah, yang kami tuntut ini rumah kami, kebutuhan kami harus dipenuhi,” harapnya.

Menanggapi aksi tersebut, Wakil Rektor I Muhyarsyah mengatakan akan mendukung segala tuntutan mahasiswa ini, dan meminta mahasiswa duduk bersama untuk membicarakan tuntutan mahasiswa Kamis ini. “Kalau itu yang diinginkan kita akan dukung, silahkan kita agendankan adek-adek buat konten-konten apa saja yang mau dibahas, kita buat seperti workshop atau seminar mengenai tuntutan itu pada hari Kamis nantinya jam dua di Gedung F lantai II,” tanggapnya di depan seluruh AMU.

Kembalikan Jati Diri IMM di Milad ke-50

Written by Yusuf, Tia on .

UMSU, teropongumsu.com - Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di umur yang sudah setengah abad, diharapkan mampu membawa IMM lebih menjadi Organisasi keagamaan yang mampu menjadi legend of change.


“IMM memang selama ini seperti jati dirinya tapi kurang menggigit, oleh karena itu ke depan ini bagaimana IMM itu menjadi gerakan keagamaan, gerakan intelektual, gerakan kemahasiswaan, dan legend of change,” ungkap Muhammad Qarib mantan kabid kader Dewan Perwakilan Daerah (DPD) IMM, Jum’at (14/3).

Selain itu ia juga mengatakan sebagian kader IMM saat ini kurang aktif dalam membuat terobosan-terobosan baru yang dapat memajukan UMSU. “Karena mudahnya mendapatkan dukungan secara moral dan financial itu kader IMM saat ini malas untuk melakukan terobosan-terobosan baru, Tapi tidak banyak yang seperti itu, sebagian besar ya tetap baik,” katanya.

Ia juga berharap di Milad IMM ke-50, IMM kembali ke jati dirinya sebagai aktivis kampus dan lebih aktif lagi dalam membuat terobosan untuk memajukan UMSU. “Di Milad IMM yang ke-50 ini, IMM harus kembali kepada jati diri aslinya,” harapnya.

Wakil Rektor III (WR III), Arifin Gultom SH M.Hum berharap di Milad IMM ini, kader IMM saat ini lebih memiliki paradigma baru agar dapat meneruskan perjuangan Muhammadiyah. “IMM lebih memiliki paradigma baru yang berbeda dari masa-masa yang lalu. Karena mereka merupakan pengkaderan untuk meneruskan cita-cita perjuangan Muhammadiyah,” harapnya.

Ahmad Riski Albar, ketua panitia MIlad IMM ke-50, mengatakan untuk 14 Maret ini Milad IMM dilakukan dengan sederhana dan melakukan pengajian. “Tanggal 14 maret sebenarnya memang milad IMM, pada momen ini di adakan pengajian. Dan untuk semaraknya di tanggal 4-5 April,” katanya.

Ia juga berharapa di Milad ini kader lebih berkompeten lagi. “Kader IMM di UMSU sudah banyak, mungkin pengelolaan kader lebih berkompeten lagi masih kurang. dalam Milad yang setengah abad ini, IMM dapat mengelola kadernya lebih berkompeten lagi,” harapnya.

UMSU Melakukan Kerja Sama dengan RCTI

Written by Mara Fenci Lubis on .

Umsu,teropongumsu.com - Universtias Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melakukan penanda tanganan / Memorandum of Understanding (Mou) sebagai hubungan kerja sama dengan pihak RCTI, ini dilakukan agar mempermudah mahasiswa yang ingin magang di RCTI. Jumat (14/3).


Wakil Rektor I Muhyarsyah mengatakan dengan penandatanganan kerja sama ini dengan RCTI menjadi salah satu peluang mahasiswa yang ingin magang di RCTI. “Ini menjadi sebuah peluang bagi mahasiswa UMSU yang ingin magang di RCTI, mungkin adek sekalian yang jurusan Broadcasting, Jurnalistik bisa magang,” ujarnya.

Sebelumnya, muhyarsyah melihat mahasiswa UMSU sangat antusias ingin mengikuti kegiatan Goes to Campus yang diselenggarakan Sindo RCTI. “Mahasiswa kita sangat antusias, sehingga saya melihat Kuota yang ditargetkan melebihi kapasitanya,” ujarnya.

RCTI Buka Lowongan

Pihak Seputar Indonesia (Sindo RCTI) membuka lowongan bagi mahasiswa UMSU yang ingin menjadi seorang Broadcasting, Presenter dan Jurnalistik. “Kirimkan lamaran anda lewat net, bagi mahasiswa khususnya jurusan fisip dan tidak menutup kemungkinan juga buat jurusan yang lainnya yang penting sudah sarjana dan memiliki IPK 3,00,” ujar Ryanto penanggung jawab Goes To Campus.

Pelantikan PKM UMSU PERIODE 2013-2014

Written by Wahyu Saddam Husin on .

Pelantikan pengurus Partai Kebenaran Mahasiswa (PKM) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) periode 2013-2014, di pendopo Hukum dengan tema “Bersama Berkarya Membangun Kebenaran untuk UMSU yang Madani”, Kamis (13/3).


Rudy Ansori Lubis selaku Ketua Panitia mengatakan dengan tema ini di harapkan kader-kader PKM dalam kepengurusan periode ini dapat berkarya untuk memajukan UMSU. “Semoga kader PKM kedepannya dapat berkarya dan ikut memajukan UMSU,” katanya.

Sementara itu, M. Arifin S.pd, M.Pd Alumni PKM dan mantan presiden UMSU mengatakan dalam kata sambutanya semoga Pemimpin mahasiswa atau Presiden mahasiswa kedepannya dapat berdiri di atas semua golongan. “Kita berharap pemimpin mahasiswa kedepanya dapat menyelesaikan masalah tanpa membuat masalah dan pemimpin harus seorang negarawan dalam artian seorang pemimpin harus mampu berdiri di atas semua golongan bukan satu golongan,” harapnya. Sembari mengetuk micropone dan membuka acara pelantikan tersebut.

Dalam Kepengurus PKM UMSU yang baru, periode 2013-2014 diantaranya adalah, Presiden PKM Mirsan Simamora, sekjen Akhir Mei Putra Rangkuti, bendahara Elisa Prayunita Pane, divisi kaderisasi Adri Hilman dan Nur Azmiah, divisi KASTRAT Yuli Priskamaini, Restu Syahputra dan Fitri Handayani Lubis, divisi infokom Rudy Ansyari Lubis dan Debby Wihanda. Dewan Perwakilan Fakultas (DPF), DPF FKIP Yuli Priskanaimi dan Fitry Handayani Lubis, DPF Ekonomi M. Abdiawan dan Najilatul Laily, DPF Teknik Lanjar Ayun dan Zulham, DPF Hukum Darlin dan Mhd. Iqbal Siregar, DPF FISIP Restu Syahputra dan M. Khairi, DPF Pertanian Hermansyah dan Aqib Meuraxa.

Tesis Bangkitkan Semangat Seni Mahasiswa

Written by Tia, Ryvanni on .

UMSU,teropongumsu.com - Teater sisi (Tesis) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengadakan pameran dan instalasi puisi untuk membangkitkan kembali semangat seni mahasiswa. Acara ini di adakan di Pendopo UMSU, Selasa (11/3).


Zuhaidi Syafwan, ketua Tesis UMSU, mengatakan banyaknya mahasiswa jarang mendengarkan puisi maka dari itu kegiatan ini di adakan. “Mahasiswa sudah jarang mengenal puisi dan jarang mendengar orang membaca puisi. Jadi, kami ingin membangkitkan kembali seni mahasiswa. Supaya mahasiswa-mahasiswa ini bisa mendengar puisi,” katanya.

Ia juga menambahkan, setiap anggota Tesis wajib membacakan puisi. Seluruh puisi yang dibacakan bertemakan Sosial Budaya. Menurut anggota Tesis lainnya, Muliani, tujuan acara pameran dan instalasi puisi ini untuk menghidupkan jiwa seni di ruang lingkup kampus.

“Lebih ke kesenian saja. Sudah gitu tesiskan belum banyak acara. Ini sebagian dari program kerjanya kita,” ujarnya.

Selain itu ia juga berharap agar semakin banyak mahasiswa bisa menulis puisi atau sastra. “Jadi untuk ke depannya, seni itu lebih dicintai lagi,” tambahnya.

Pembonsaian Penting dalam Menulis Cerpen

Written by Nuriandika Fadila on .

UMSU,teropongumsu.com - Dalam menulis cerita pendek (cerpen) butuh teknik pembonsaian. Pembonsaian cerita dimaksudkan agar cerita tidak monoton dan tidak terlalu panjang.


Hal tersebut dikatakan Hasan Al-Banna, salah satu pembedah dalam peluncuran buku Antologi Cerpen dan Puisi dari Komunitas Fokus UMSU bekerjasama dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IMM FKIP UMSU), Sabtu (8/3).

Lanjutnya, pembonsaian cerita akan membuat alur cerita semakin baik. Ada hal yang tidak harus diceritakan dalam cerpen. “Ibaratkan dengan pohon beringin yang dijadikan bonsai. Bentuk aslinya tetapsperti beringin yang besar. Ada hal yang harus dikurangi tapi tetap tidak mengubah cerita. Jadi, intinya suasana yang akan dijadikan cerpen harus dibonsai dengan bagus,” jelasnya.

Begitu juga halnya dengan pembuatan dialog dalam cerpen. Ia mengatakan dialog dan narasi harus beda. Penyesuaian bahasa dalam dialog juga harus diperhatikan.“Misalnya, dialog antara pejabat dengan seorang pekerja tempel ban. Bahasanya kan pasti beda jika ia (pejabat) berbicara di forum formal. Ia akan mengikuti tatanan bahasa si tempel ban itu,” jelasnya.

Fokus UMSU Luncurkan Buku di Akhir Kepengurusan

Written by Nuriandika Fadila on .

UMSU,teropongumsu.com - Komunitas Fokus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu pendidikan (IMM FKIP) meluncurkan antologi Cerpen dan Puisi di Auditorium UMSU, Sabtu (8/3). Peluncuran buku ini merupakan acara terakhir dalam kepengurusan Benny Afriadi.


Benny Afriadi, ketua komunitas Fokus UMSU mengaku saat senang dengan hadirnya sastrawan-sastrawan yang bisa memotivasi penulis-penulis pemula. “Tidak hanya sastrawan-sastrawan nasional, sastrawan pemula, menengah juga hadir di acara ini. Dengan hadirnya mereka saya rasa bisa memberikan motivasi kepada yang lainnya,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa peluncuran buku ini merupakan acara terakhir dengan jabatannya sebagai ketua. ”Ini acara terakhir bagi saya karena sebentar lagi jadi alumni. 13 Maret minggu depan Fokus berumur 2 tahun. Berharap fokus dengan ketua-ketua selanjutnya akan lebih baik dan besar namanya di UMSU ini. Jadi, ketika ada orang yang menyebut nama UMSU akan teringat dengan Fokus UMSU,” katanya.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Rektor III, M.Arifin Gultom, mengatakan kegiatan seperti ini sangat bernilai positif. iamengaku sangat mendukung kegiatan-kegiatan akademik seperti ini. “Ini sesungguhnya paradigma yang harus kita bina dalam hal-hal yang mengenai akademik,” katanya.

Ia mengatakan dengan menulis kita bisa menggerakkan orang lain, seperti banyak sastrawan-sastrawan yang ada. “Saya harap penerbitan ini jangan yang terakhir,” harapnya, dalam peluncuran buku tersebut.

Pers Mahasiswa

Suarausu.co - Universitas Sumatera Utara

Genta Andalas - Universitas Andalas Padang