Peran Pemuda dalam Pemilu

Written by Vilisya Bening Hasibuan on .

Medan, teropongumsu.com - Peran Pemuda dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2014 mendatang sangatlah penting. Mengingat pemuda merupakan ujung tombak dari perubahan sebuah negara. Hal ini disampaikan oleh Dosen muda Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan (Unimed) saat memberikan materi pada Diskusi Publik tentang Peran Pemuda pada Pemilu, Jum\'at (13/12).


 

Menurutnya perilaku pemilih pemula/pemuda menjadi indikator kualitas demokrasi secara substansial. Partisipasi pemuda dalam pemilu akan menjadi legitimasi berkembangnya proses demokrasi. Dalam diskusinya ia menjelaskan bahwa pemuda juga merupakan salah satu pilar dalam mengembangkan Demokrasi. \"Semakin tinggi partisipasi pemudanya, demokrasinya semakin kuat,\" ungkapnya.

Ia juga menyesalkan menurunnya partisipasi pemuda dari tahun ke tahun dalam Pemilu. \"Data badan pusat statistik tahun 2010 menyebutkan tahun 1999 sebesar 92 persen pertisipasi pemuda. Sedangkan tahun 2004 turun 84 persen, mulai ada kekecewaan. Mulai tahun 2009 anjlok lagi 71 persen, ada apa?, \" jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa karekteristik pemilih pemula dan pemuda biasanya cendrung labil, pengetahuan politik kurang, dan lebih mengikuti keluarga ataupun teman sekelompok. \"Kalau mau mendekati anak-anak muda, dekati keluarganya,\" sarannya untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Salah seorang mahasiswa berprestasi di Unimed, M taufiq Hidayang Tanjung, juga mengatakan tidak mudah untuk mencapai sebuah negara yang demokratis. \"Betapa sulitnya untuk menggapai satu kata Demokrasi. Jika para pemuda lebih memilih apatis, maka jangan harap negara ini akan lebih baik. Saya berharap teman-teman yang kritis tidak menjadi apatis,\" harapnya.

Taufiq menghimbau kepada teman-teman pemuda serta aktivis mahasiswa agar dapat ikut berpartisipasi dalam Pemilu 2014 mendatang. \"Saya mengajak kita semua untuk berpatisipasi dalam pemilu, itulah mahasiswa yang kritis. Saya yakin dan percaya di setiap partai masih ada pemimpin yang amanah. Pemimpin yang baik dihasilkan dari pemilih yang cerdas,\" himbaunya.

Comments (0)

500 characters remaining

Cancel or

Pers Mahasiswa

Suara USU - Universitas Sumatera Utara